Just another Telkom University Student Blog site

Jadikan Ruangan Hijau dan Segar Sepanjang Hari dengan Cara Ini!

Ancaman global warming atau pemanasan global terus menghantui bumi yang kita tempati ini, banyak cara telah dilakukan mulai dari komitmen negara-negara besar untuk menekan tingkat gas buang yang negara mereka hasilkan, kampanye penghijauan sampai pendidikan lingkungan hidup kepada para pelajar sebagai upaya preventif.

taman hidroponik

Namun sebetulnya ada hal kecil yang bisa anda lakukan untuk memberi kontribusi dalam upaya mengurangi ancaman pemanasan global itu, salah satu cara yang dapat anda lakukan yakni dengan menanam tanaman hidroponik di lingkungan tempat tinggal anda. Beberapa orang mungkin masih asing dengan istilah hidroponik yang disampaikan barusan, tetapi anda tidak perlu khawatir karena dalam artikel ini pun akan sedikit diulas apakah tanaman hidroponik itu.

Pada dasarnya tanaman hidroponik adalah suatu cara budidaya menanam tanaman tanpa menggunakan media tanah, melainkan memanfaatkan air sebagai penyedia nutrisi bagi tanaman yang anda tanam itu.

Uniknya air yang dibutuhkan dengan menggunakan model hidroponik ini jauh lebih sedikit dibandingkan ketika anda menanam tanaman menggunakan media tanah seperti biasanya, oleh sebab itu teknik menanam tanaman hidroponik ini sangat cocok diterapkan di tempat-tempat yang memiliki pasokan air cukup terbatas. Beberapa jenis tanaman yang dapat menggunakan teknik hidroponik antara lain:

  1. Tanaman ini menjadi salah satu tanaman yang paling difavoritkan dalam penggunaan teknik hidroponik, hal ini lantaran tanaman yang satu ini mampu tumbuh dengan sangat subur dan segar ketika menggunakan teknik ini. Selain itu perawatan yang dibutuhkan oleh tanaman ini pun cukup mudah.
  2. Tanaman berikutnya yaitu timun, tanaman yang dikenal sebagai lalap oleh sebagian masyarakat kita ini sangat cocok dibudidayakan menggunakan teknik hidoponik, namun tanaman yang satu ini rupanya cukup manja karena membutuhkan perhatian ekstra dalam merawatnya untuk mendapatkan hasil yang optimal.
  3. Tanaman Herbal. Manfaat yang luar biasa akan anda dapatkan ketika memilih tanaman herbal sebagai tanaman yang anda gunakan dalam pengaplikasian teknik hidroponik di rumah anda, bagaimana tidak karena tanaman ini sangat dicari sehingga memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi.
  4. Untuk menghiasi rumah tentu mawar merupakan pilihan yang sangat cocok, dengan penempatan yang pas di rumah anda bukan tidak mungkin niatan untuk turut serta dalam kampanye penghijauan justru menghasilkan hiasan rumah yang indah.

Untuk membuat rangkaian teknik hidroponik ini pun tidaklah begitu sulit, cukup lakukan langkah-langkah sederhana di bawah ini, yaitu sebagai berikut:

  1. Semai benih tanaman hidropponik yang hendak anda tanam
  2. Siapkan media tanam anda
  3. Siapkan pula pot dan tandon nutrisi nya
  4. Tanamkan bibit pada media yang sudah disediakan tadi
  5. Jangan lupa berikan nutrisi secara teratur baik lewat pupuk maupun cara lainnya
  6. Rutin rawat tanaman anda dengan baik agar mendapatkan hasil yang memuaskan

2 Comments

  1. Sera

    Ide yang bagus… nice

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *