Just another Telkom University Student Blog site

Mengenal Sejarah Harbolnas dan Promo ShopBack, Event Belanja Online Paling Seru di Indonesia

Belanja! Siapa yang tidak suka kegiatan yang satu ini? Rasanya, hampir semua orang menyukai kegiatan belanja yang menyenangkan, utamanya kaum hawa. Berbelanja bisa membawa pengaruh positif berupa efek rileks dan memperbaiki mood, juga mengurangi stress berlebih akibat rutinitas harian.

shopback

Di jaman yang modern ini, berkat bantuan teknologi yang berkembang pesat, kegiatan berbelanja jadi semakin mudah, praktis, dan tentunya lebih menyenangkan. Ya, semenjak adanya inovasi berupa online shopping, kini berbelanja jadi lebih efisien dibanding sebelumnya. Tak perlu lagi menempuh perjalanan yang penuh dengan berbagai masalah, mulai dari menghadapi kemacetan parah, cuaca yang panas dan berdebu, hingga polusi yang mengganggu hanya untuk berbelanja. Cukup dengan klik-klik pada perangkat dengan bantuan koneksi internet, memanfaatkan layanan m-banking atau e-banking untuk pembayaran, kamu tinggal duduk manis menunggu kurir pilihan mengantarkan barang belanjaanmu ke rumah. Praktis, bukan?

Adanya inovasi online shopping inilah yang menjadi asal mula dari event Hari Belanja Online Nasional alias Harbolnas yang diadakan pada tanggal 12 Desember setiap tahunnya. Terinspirasi dari Black Friday dan Cyber Monday yang populer di negara barat, event Harbolnas ini diadakan pertama kali pada tahun 2012 silam. Harbolnas sendiri bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai belanja online yang aman dan praktis, dengan memberikan diskon besar-besaran dan berbagai promo lain yang menggiurkan. Mulanya, hanya ada 7 e-commerce yang menjadi partisipan dari event ini, yakni Lazada, Zalora, BerryBenka, PinkEmma, Bilna, Traveloka, dan Luxola. Kini, hampir semua e-commerce yang jumlahnya mencapai ratusan menjadi partisipan dari event Harbolnas ini. Tak hanya e-commerce saja, Harbolnas juga mendapatkan dukungan dari berbagai mitra kerjasama, mulai dari media, logistik, perbankan, hingga industri telekomunikasi.

Harbolnas ini ternyata memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap bidang bisnis online. Hal ini terbukti dengan adanya lonjakan total penjualan yang sangat tinggi ketika event Harbolnas ini berlangsung. Pada tahun 2015 saja, total penjualan mencapai lebih dari 33 triliun rupiah. Ini tentu merupakan jumlah yang sangat mengagumkan mengingat durasi event yang cukup singkat.

Di tanggal 12 Desember nanti, para e-commerce akan berlomba-lomba memberikan diskon bahkan hingga 90%, ditambah dengan berbagai layanan ekstra seperti gratis ongkos kirim dengan jasa logistik tertentu. Sebagai buyer, kamu harus mempersiapkan diri dengan mencatat barang apa saja yang menjadi incaranmu di Harbolnas nanti. Jangan lupa untuk mengecek e-commerce yang menyediakan barang sejenis sebagai komparasi. Misalnya, jika kamu ingin membeli gadget baru, luangkan waktu untuk mengecek beberapa e-commerce seperti Lazada, Bukalapak, atau Tokopedia. Atau, jika kamu ingin membeli baju baru, kamu bisa mengecek Berrybenka, Zalora, dan masih banyak lagi. Membandingkan antar e-commerce ini berguna agar kamu bisa mendapatkan penawaran terbaik dan menghemat budget.

Untuk kamu yang ingin lebih hemat dan untung di Harbolnas nanti, tak perlu khawatir. Belanja saja di e-commerce pilihanmu lewat SHOPBACK. Kenapa harus melalui ShopBack? Sebab hanya di ShopBack kamu bisa berbelanja di e-commerce favorit seperti Lazada, Bukalapak, hingga Hijabenka dan mendapatkan extra berupa cashback hingga 10%! Wow, sangat menggiurkan, bukan? Kapan lagi kamu bisa belanja hemat dengan promo-promo Harbolnas dan masih ditambah dengan cashback? Pastinya kamu tidak mau melewatkan penawaran super hemat ini dong! Makanya, catat list barang yang akan kamu borong di Harbolnas, dan pastikan untuk berbelanja di e-commerce pilihanmu hanya via ShopBack agar bisa mendapat keuntungan berupa cashback hingga 10%. Jangan sampai melewatkan promonya ya!

Sumber: https://www.shopback.co.id/harbolnas

1 Comment

  1. Sera

    Nice post tentang sejarah harbolnas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *