Baru-baru ini banyak pertanyaan yang bermunculan, yaitu apakah bisa mengajukan KTA tanpa kartu kredit? Jika bisa bagaimana caranya? Ternyata, jawaban dari berbagai pertanyaan tersebut adalah, bisa. Melakukan kta tanpa kartu kredit kini sudah dapat dilakukan di beberapa bank, jumlah pinjaman yang diajukan pun bervariasi dan menyesuaikan. Perlu Anda ketahui, bahwasanya kartu kredit digunakan dalam proses peminjaman di bank adalah sebagai alat jaminan. Apabila Anda tidak memiliki kartu kredit dan ingin melakukan pinjaman, maka Anda harus memiliki sesuatu sebagai jaminan pihak bank, seperti BPKB kendaraan, sertifikat rumah, sertifikat tanah, surat-surat berharga, sertifikat perusahaan dan masih banyak lainnya.

Selain mengganti jaminan kartu kredit menggunakan beberapa surat yang sudah disebutkan di atas, Anda sebagai peminjam juga harus memenuhi standar yang sudah ditetakan oleh pihak bank. Kemudian, apakah bisa mengajukan KTA tanpa kartu kredit? Apabila si peminjam masih kuliah. Jawabannya tentu bisa, proses peminjaman dana di bank dpat dilakukan oleh siapapun, termasuk seorang mahasiswa sekalipun.

Menjawab pertanyaan apakah bisa mengajukan KTA tanpa kau kredit? Atau Bagaimana  jika peminjam adalah mahasiswa? Dan berbagai pertanyaan lainnya, lebih baik Anda cermati terlebih dahulu beberapa ketentuan atau persyaratan pengajuan KTA tanpa menggunakan kartu kredit  yang dirangkum dari modalkita.com berikut ini:

  1. Berusia minimal 21 tahun, baik pria maupun wanita. Jadi, jika Anda adalah seorang mahasiswa berusia di atas 21 tahun maka, Anda dapat melakukan pinjaman tersebut.
  2. Memiliki penghasilan, peminjam dana di bank haruslah mereka yang sudah memiliki penghasilan, baik tetap maupun bukan, setidaknya ada sumber dana mutlak yang dimiliki.
  3. Tidak memiliki tunggakan dalam bentuk apapun, pastikan Anda tidak memiliki tunggakan atau cicilan apapun dari pihak lain. Pihak bank akan memeriksa riwayat Anda, apabila ketahuan memiliki tunggakan atau cicilan yang belum dibayar dalam jumlah besar, maka pengajuan peminjaman dana Anda pada pihak bank akan ditolak secara mentah-mentah.
  4. Membayar pajak tepat waktu, yang terakhir adalah apabila anda memiliki kewajiban membayar pajak, pastikan anda selalu membayarnya tepat waktu. Apabila anda selalu terlambat bayar, maka pihak bank akan memberitahukan Anda bahwa peminjaman dana yang diajukan tidak dapat cair sebelum tunggakan Anda dilunasi sepenuhnya, termasuk tunggakan pajak.

Berdasarkan uraian mendetail yang sudah dijabarkan di atas, diharapkan tidak ada lagi berbagai pertanyaan seperti apakah bisa mengajukan KTA tanpa kartu kredit?, kunci utamanya adalah, Anda sudah memenuhi persyaratan yang diajukan oleh bank dan sudah memahami berbagai ketenuan dan risiko yang mungkin nantinya akan muncul di kemudian hari. Jika masih ragu, lebih baik hindari mengajukan pinjaman KTA di bank-bank apapun jenisnya dengan menggunakan kartu kredit maupun tidak.