Banyak orang yang menyukai kegiatan belanja, terutama untuk para wanita. Apalagi belanja untuk memenuhi kebutuhan rutin, baik kebutuhan diri sendiri maupun kebutuhan keluarga. Wanta cenderung menginginkan banyak barang untuk dibeli tetapi juga ingin menghemat biaya pengeluaran. Namun kedua hal tersebut tentu merupakan dua hal yang saling bertolak belakang. Semakin banyak barang yang dibeli maka pengeluaran pun akan semakin boros, dan semakin hemat pengeluaran artinya barang yang bisa dibeli pun semakin sedikit. Dalam hal ini sebenarnya bisa saja diimbangi untuk keduanya, terutama bila menerapkan beberapa tips belanja cerdas.

Belanja cerdas merupakan kegiatan belanja yang mempertimbangkan berbagai hal, sehingga barang yang dibeli pun dapat memenuhi semua kebutuhan dengan tetap menjaga pengeluaran dari dalam dompet. Beberapa tips belanja cerdas yang bisa diterapkan adalah:

  1. Cerdas dalam memilih barang

Dalam menentukan barang yang akan dibeli, sebaiknya prioritaskan barang yang memilik multifungsi. Barang multifungsi akan memiliki manfaat yang lebih banyak, sehingga bisa memenuhi beragam kebutuhan hanya melalui 1 barang saja.

  1. Pandai mengatur keinginan

Pandai-pandailah dalam mengendalikan nafsu untuk membeli barang ini itu, terlebih bila memang barang tersebut kurang dibutuhkan saat ini. Banyak wanita yang kerap merasa menyesal ketika membeli barang yang sebenarnya tidak mereka butuhkan, dan hal ini justru akan membuat pengeluaran semakin banyak.

  1. Pilih barang dengan kualitas terbaik

Alih-alih memilih barang murah, terutama untuk barang yang digunakan berulang kali, beli saja barang dengan kualitas terbaik. Barang yang berkualitas akan lebih awet untuk digunakan, sehingga kita pun tidak perlu membeli barang serupa dalam waktu yang dekat karena barang yang sebelumnya pun masih bisa digunakan dengan baik. Jangan ragu pula untuk membeli barang yang memiliki merk terpercaya, karena biasanya barang seperti ini bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

  1. Berbelanja saat promo

Bila dihadapkan pada dua barang serupa dengan harga yang berbeda, maka jangan langsung menentukan barang yang memiliki harga lebih murah. Namun, pilih barang dengan kualitas paling baik dan memilik kriteria yang memang kita butuhkan. Pada saat promo tentunya harga barang tersebut akan jauh lebih murah dari biasanya. Untuk itu nikmati saat promo seperti Promo JSM Indomaret yang bisa kita manfaatkan.

Tips belanja cerdas seperti yang ada di atas bisa diterapkan dalam belanja secara offline maupun online. Dengan menggunakan tips tersebut, maka kita pun akan lebih efektif dalam membelanjakan biaya anggaran yang sudah kita tentukan sebelumnya. Jangan lupa pula untuk menyediakan daftar barang yang akan dibeli sebelum berbelanja, dan urutkan sesuai dengan prioritas kebutuhan. Jika list barang yang disediakan sudah disusun berdasarkan prioritas, maka kebutuhan pokok pun akan lebih dahulu tercukupi, selanjutnya barulah untuk kebutuhan yang tidak terlalu mendesak.