Apa alat yang diperlukan untuk membuat berita? Kamera, recorder, dan alat tulis? Ketiga alat tersebut memang penting untuk meliput berita Lampung dan lainnya, tapi jika membuat tulisannya, perlu alat yang bisa menuntun Anda semakin lancar dalam menulis. Alat tersebut adalah struktur inverted pyramid atau piramida terbalik, berikut 4 di antaranya.

berita Lampung

  1. Lead atau Intro (Informasi Terpenting)

Struktur ini merupakan yang terpenting daripada struktur lainnya yang terdapat dalam struktur piramida terbalik. Sebisa mungkin Anda masukkan informasi yang mampu menjawab pertanyaan 5W dan 1 H dari topik atau berita yang Anda tulis. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi pemotongan struktur lainnya selain lead atau intro ini.

  1. Neck (Leher/Sambungan)

Struktur ini hampir sama pentingnya dengan lead, karena berperan dalam menghubungkan lead dengan struktur lainnya dalam piramida terbalik. Sebelum penjelasan dalam body, Anda harus membuat neck yang berisi peralihan berita. Isinya kalimat lanjutan yang mengaitkan informasi umum dari lead dengan informasi lebih mendalam dan khusus dari body.

  1. Body (Detail/Tubuh Tulisan)

Body atau explanation berisi penjelasan yang lebih rinci dari isi berita secara keseluruhan. Jadi, informasi dari lead maupun neck bisa pembaca temukan detailnya di sini. Meski Anda sudah mengupayakan 5 W dan 1 H untuk diletakkan pada lead, Anda tetap bisa memasukkan secara gamblang jawaban atas pertanyaan ‘Why’ dan ‘How’ pada pada struktur body.

  1. Supporting Information (Informasi Pendukung)

Sebenarnya struktur ini kerap disebut body lanjutan karena memuat informasi pendukung yang tidak terlalu penting atau bahkan sudah dijelaskan oleh body utama. Struktur ini bisa pembaca dan Anda temukan pada media yang menyajikan berita Lampung, yaitu berperan sebagai penguat isi berita sekaligus kata kunci menuju struktur selanjutnya.

  1. Additional Facts (Informasi Tambahan)

Jika struktur ini diikutsertakan dalam berita Anda, maka posisinya disebut body lanjutan ke-2 (setelah supporting information). Struktur ini berisi penjelasan tambahan dari lead, neck, body, dan body lanjutan ke-1. Intinya, semakin menuju paragraf akhir, maka strukturnya semakin kurang penting dan tidak masalah jika ditiadakan atau dipotong editor.

Seperti halnya saat menyajikan berita Lampung, jika space yang memuat berita Anda masih luas, maka Anda bisa menambahkan informasi tambahan lainnya di akhir paragraf. Hal ini berlaku sebaliknya, seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa kemungkinan besar akan ada yang dipotong, terutama bagian akhir yang hanya berisi informasi tambahan.