Just another Telkom University Student Blog site

Tips Kredit Mobil Bekas yang Wajib Anda Baca

Harga mobil tidak semurah kacang goreng. Makanya, Anda harus berhati-hati supaya sejumlah uang yang Anda keluarkan tidak sia-sia. Ketika Anda hendak membeli mobil bekas secara kredit, penting rasanya membaca referensi tips kredit mobil bekas. Dengan membaca lebih banyak tips-tips seputar kredit mobil bekas, Anda punya banyak pertimbangan dalam memilih mobil terbaik dengan sistem kredit yang juga paling bagus. Informasi kali ini pun akan membahas mengenai beberapa hal wajib yang harus diperhatikan sebelum kredit mobil. Untuk informasi selengkapnya, ikuti saja pembahasan lengkapnya pada uraian berikut ini.

tips kredit mobil bekas

  1. Perbanyak referensi mobil

Tips kredit mobil bekas yang terlebih dahulu harus Anda perhatikan adalah perbanyak referensi. Anda tentu akan membutuhkan perbandingan antara mobil yang satu dengan mobil lainnya. Dengan membuat perbandingan, Anda akan mudah menilai mana jenis mobil yang palis pas dengan kebutuhan Anda. Selain itu, Anda jadi bisa mempertimbangkan banyak hal, tidak hanya masalah kenyamanan dan kualitas mobil saja, tetapi juga terkait dengan harganya. Untuk bisa membuat perbandingan, Anda harus punya banyak referensi terlebih dahulu. Di era yang sudah sangat canggih seperti ini, rasanya tidak susah mencari referensi tentang sesuatu. Untuk itu, sangat disarankan bagi Anda untuk memiliki banyak referensi terkait jenis mobil yang akan Anda beli.

  1. Hitung dan pertimbangkan

Ketika hendak membeli mobil secara kredit, Anda tidak hanya memperhatikan masalah kondisi mobil saja, tetapi juga sistem pembayarannya. Anda harus mulai menghitung dan mempertimbangkan. Pasalnya, ketika membeli kredit, Anda tidak hanya akan membayar uang muka dan cicilan bulanan saja, tetapi juga ada beberapa biaya tambahan, misalnya biaya provinsi, asuransi kendaraan, jaminan fidusia, dan juga biaya rutin pemeliharaan mobil. Semua biaya tersebut wajib Anda perhitungkan karena menyangkut pengeluaran bulanan.

Dengan menghitung dan mempertimbangkan hal-hal di atas, Anda akan bisa meminimalisir terjadinya kekacauan akibat keputusan Anda kredit mobil. Bila perlu, Anda juga bisa membuat simulasi untuk proses menghitung besaran biaya yang mungkin akan Anda keluarkan ketika membeli mobil. Jika kira-kira Anda bisa menutup semua anggaran, berarti Anda siap untuk kredit mobil.

  1. Masa Cicilan

Yang perlu Anda ketahui adalah masa cicilan mobil bekas biasanya lebih pendek dibandingkan dengan masa cicilan mobil baru. Karena masa cicilan yang pendek, sangat mungkin jumlah cicilan yang harus Anda bayar tiap cenderung tinggi.

  1. Lengkapi Persyaratan

Pada saat mengajukan kredit, Anda diharuskan untuk melengkapi berkas persyaratan. Persyaratan standar yang wajib Anda lengkapi di antaranya adalah fotokopi identitas diri dan kartu keluarga, fotokopi rekening tabungan, dan fotokopi bukti bayar pajak. Setelah melengkapi persyaratannya, biasanya pihak leasing atau dealer akan memproses data dan melakukan survey sederhana. Jika Anda lolos survey, maka Anda pun bisa membeli mobil secara kredit.

Demikin adalah tips jual beli mobil bekas yang harus Anda perhatikan. Apakah membeli mobil bekas itu selalu jelek? Tentu saja tidak. Tidak semua mobil bekas adalah mobil jelek. Selama Anda teliti dalam memilih mobil, Anda tentu bisa mendapatkan mobil yang berkualitas. Kejelian Anda tidak hanya pada saat memilih mobil saja. Anda juga harus jeli dalam memilih pihak leasing. Seperti yang kita tahu bersama, perusahaan leasing di Indonesia sangat banyak. Tiap tahun jumlahnya bahkan semakin banyak. Anda bisa memilih leasing yang memberikan sistem kredit dengan suku bunga rendah. Dengan begitu, Anda tidak akan terlalu terbebani dengan jumlah cicilan bulanan.

1 Comment

  1. Sera

    Terima kasih atas tipsnya….. sangat bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *