Just another Telkom University Student Blog site

Tips Mengatasi Kontak WhatsApp Tidak Muncul di Android

Tips Mengatasi Kontak WhatsApp Tidak Muncul di Android –Kontak WhatsApp yang tidak muncul di android tidak selamanya karena kontak tersebut tidak terdaftar di WhatsApp. Bisa jadi jika kontaknya sudah terdaftar di WhatsApp namun tidak kunjung muncul, penyebab utamanya karena masalah di perangkat anda. Bisa jadi setting umum di whatsApp tidak sesuai sehingga tidak mampu menampilkan kontak yang dimaksud. Akan menjadi masalah tersendiri jika tidak hanya satu kontak yang tidak muncul di aplikasi whatsApp anda.

Anda perlu melakukan beberapa setting ulang agar kontak tersebut bisa ter-scanning di aplikasi chatting tersebut. Untuk melakukan setting aplikasinya, anda bisa mencoba beberapa tips yang mudah. Anda juga dapat membaca ulasan lainnya di situs tekno https://www.teknocanggih.com yang sarat informasi serta tips berguna untuk Anda. Mulai dari memperbaiki pengaturan, mengecek hak akses kelola kontak, sampai mengecek timbunan cache dan data pada aplikasi tersebut. Bagi yang penasaran apa saja tips mengatasi masalah tersebut, dibawah ini beberapa tips mudahnya yang bisa anda coba.

Tips Mengatasi Kontak WhatsApp Tidak Muncul

  1. Atur setting WhatsApp yang tepat

Kontak yang tidak terlihat bisa disebabkan karena salah dalam melakukan setting. Atur ulang setting di WhatsApp. Klik ikon tiga titik di bagian kanan atas. Kemudian pilih Opsi Setting dan masuk ke pilihan Contact. Anda bisa mencentang opsi Show All Contacts. Jika sudah diaktifkan, secara otomatis semua kontak akan muncul di aplikasi. Cara satu ini juga bermanfaat untuk mengoptimalkan scanning pengguna WhatsApp di kontak anda yang sebelumnya tidak terdeteksi.

  1. Cek kontak blokir

Bisa jadi kontak yang tidak muncul karena tidak sengaja masuk ke daftar blokir atau karena anda lupa dulu telah memasukannya ke daftar blokir. Untuk melakukan pengecekan tersebut, klik ikon tiga titik di pojok kanan atas. Klik menu Settings dan pilih Privacy. Lihat di menu Blocked Contact. Jika ada kontak yang anda maksud, cobalah klik Unblock dan secara otomatis kontak tersebut akan muncul kembali.

  1. Izinkan akses kontak

Jika cara 1 sampai 2 belum berhasil, cobalah cek apakah WhatsApp sudah memiliki izin akses kontak atau belum. Versi android Marshmallow keatas menyediakan pengaturan tertentu mengenai hak akses dan izin aplikasi secara individual. Buka menu Setting pada smartphone. Scrol ke bawah dan cari Apps. Cari aplikasi WhatsApp dan masuk ke pengaturan aplikasi tersebut. Pilih Permission dan aktifkan izin Contact.

  1. Hapus data dan install ulang aplikasi

Bisa jadi WhatsApp yang tidak bisa memindai kontak disebabkan karena data dan cachenya yang menumpuk. Cobalah hapus data aplikasi terlebih dulu. Masuk ke Settings di smartphone kemudian klik Manajemen Aplikasi dan cari WhatsApp. Klik Hapus Data. Jika masih belum berhasil, cobalah install ulang aplikasi WhatsApp untuk mendapatkan kinerja yang lebih fresh.

Demikian beberapa tips untuk mengatasi kontak WhatsApp yang tidak muncul pada smartphone android. Semoga bermanfaat.

3 Comments

  1. Timmy Galarza

    have Moz Domain Authority 50+ for telkomuniversity.ac.id or your money back

    Read more
    https://ghostdigital.co/domain-authority/

  2. Kareem Hoyle

    Ever wanted to push some competition site`s ranks down for not playing the game fair?

    Now you can:
    blackhat.to

  3. Sera

    Terima kasih atas ilmunya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *