Just another Telkom University Student Blog site

15 Teknologi Canggih Masa Depan yang Akan Segera Terwujud

Benarkah teknologi canggih masa depan akan dapat dinikmati sessat lagi? Jikalah benar, teknologi apakah yang termasuk didalamnya dan dapat dinikmati segera?

Dalam film-film sci-fi, biasanya digunakan teknologi tingkat tinggi untuk memuaskan penonton. Dari kehebatan teknologi inilah, banyak orang yang bertanya-tanya, apakah teknologi ini dapat digunakan segera? Rupanya apa yang menjadi pertanyaan besar kini akan menjadi kenyataan. Karena banyak dari teknologi canggih masa depan yang digunakan di dalam film, kini telah ditemukan oleh ilmuwan. Namun teknologi apakah yang dapat segera dirasakan dalam waktu dekat?

Banyak yang berpandangan, bahwa saat teknologi menguasai dunia, muncul berbagai permasalahan. Namun sebenarnya, keadaan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan manusia. Artinya, tidak semua teknologi canggih akan menyebabkan masalah dalam kehidupan. Bahkan teknologi masa depan ini akan membantu kehidupan sehari-hari manusia. Lantas, siapkah anda menerima semua peralatan masa depan tersebut? Dan apakah bentuk-bentuk peralatan terkini yang akan muncul?

Ragam Teknologi Canggih Masa Depan yang Muncul Sesaat Lagi

Berbagai teknologi telah dikembangkan oleh ilmuwan untuk membantu kehidupan manusia. Beberapa teknologi tersebut sudah muncul dan digunakan. Apakah teknologi yang dimaksud? Berikut ulasannya dikutip dari bersamatekno.com.

  • Hoverboard

Mungkin anda pernah mendengar bahkan menggunakan hoverboard. Keberadaanya booming setelah dikeluarkan beberapa tahun belakangan. Pada awalnya, kemunculan hoverboard dianggap sebagai hal yang semu bahkan tidak dipercayai keberadaannya. Namun kini, hoverboard banyak digunakan sebagai alat untuk mempermudah kegiatan manusia.

  • Handphone Fleksibel

Masih menggunakan handphone dengan bentuk tebal? Nikmatilah masa-masa ini dan simpan salah satunya sebagai kenang-kenangan. Karena sesaat lagi, handphone dibuat dengan fleksibel. Handphone ini dikembangkan oleh Samsung dengan memanfaatkan layar AMOLED. Jadi, nantinya handphone akan berbodi tipis bahkan dapat dibengkokan dan dilipat sesuai keinginan.

  • Sepatu Pintar

Tidak hanya handphone yang nantinya dapat membantu kehidupan anda. Karena ilmuwan sedang mengembangkan keberadaan sepatu pintar. Sepatu pintar nantinya akan memngirimkan berbagai informasi terkait jarak, kecepatan hingga jumlah kalori yang terbakar. Menariknya, sepatu ini akan bertahan selama 60 hari penggunaan, tanpa perlu mencharge baterai.

  • Perjalanan Luar Angkasa

Bagi anak-anak menikmati luar angkasa adalah angan-angan yang biasa dinikmatinya. Namun bagi orang tua, hal tersebut adalah angan-angan mustahil. Namun dalam beberapa tahun ke depan, NASA dan SpaceX sedang merencanakannya. Jadi, nantinya liburan tidak lagi ke luar negeri, melainkan ke luar angkasa. Tertarik untuk menjadi salah satu pengunjung Mars?

  • Teknologi Canggih Masa Depan yang Segera Terwujud: Artificial Intelligence

AI atau yang dikenal dengan artificial intelligence adalah teknologi yang sedang dikembangkan saat ini. Keberadaanya akan membantu untuk mengetahui jumlah voting dalam pemilu berdasarkan kondisi cuaca yang ada. Hal ini memang agak abstrak, namun lambat laun keberadaan AI dianggap sebagai hal yang dibutuhkan dalam kehidupan manusia.

  • Teleportasi

Film-film barat adalah film yang sering memanfaatkan teknologi untuk memukau penonton. Salah satu teknologi yang dipercaya kehadirannya adalah teknologi teleportasi. Teleportasi ditengarai oleh konsep wormhole, yang ditemukan akibat teori relativitas dan gravitasi dari Einstein. Menurut informasi, teknologi ini nantinya dapat dirasakan manusia di tahun 2035.

Menariknya, perkembangan teleportasi turut dibantu oleh pemerintah Rusia, yaitu Vladimir Putin. Adanya teknologi teleportasi, dapat dibuktikan dengan jurnal penelitian ilmiah dalam bentuk persamaan matematis. Karenanya, tidak perlu meragukan keberadaan teknologi teleportasi. Melainkan, menantikan kehadirannya dalam waktu beberapa saat lagi.

  • Rekayasa Genetika untuk Bayi

Teknologi lainnya yang telah dimanfaatkan di China adalah percobaan gen editingembrio. Artinya anda dapat memesan anak yang pintar, sehat serta berparas rupawan. Teknologi ini dinama CRISPR CAS9, namun teknologi canggih terbaru ini masih dalam pengembangan. Jadi, teknologi ini masih harus dipertimbangkan penggunaannya, khususnya untuk genetik anak.

  • Robot Tentara atau Terminator

Sudah pernah menonton film terminator dan robot tentaranya? Kini keadaan tersebut akan semakin nyata. Karena Amerika dan Cina sedang mengembangkan teknologi ini dengan tujuan mengurangi korban nyawa manusia. Jika keberadaan robot tentara berhasil digunakan, maka tidak diperlukan lagi keberadaan manusia sebagai tentara untuk membela negara dari penjajah.

  • Senjata Laser

Keberadaan teknologi dalam militer adalah teknologi yang sedang dikembangkan secara mendalam. Salah satunya dengan pengembangan senjata laser untuk kebutuhan militer. Saat ini senjata laser masih dalam percobaan, untuk menjadi senjata generasi berikutnya. Nantinya senjata laser, akan digunakan untuk menembak jatuh rudal ataupun menghancurkan kapal kecil.

  • Teknologi Canggih Masa Depan yang Segera Terwujud: Mobil Terbang

Pernah mendengar atau menonton keberadaan mobil terbang di film? Jika tertarik menggunakannya, sebaiknya bersabar. Karena sebentar lagi, mobil terbang akan dapat dinikmati di sekitar anda. Mobil terbang dapat digunakan untuk berjalan di jalan biasa atau udara. Namun untuk mengemudikannya dibutuhkan sertifikasi pilot untuk keselamatan.

  • Mesin Pelipat Pakaian

Pekerjaan yang paling menyebalkan di rumah adalah menyetrika baju setelah pakaian kering. Namun pekerjaan ini tidak lagi menganggu anda, karena akan tersedia mesin pelipat pakaian. Mesin ini akan membantu melipat semua pakaian yang digantung. Jadi, pakaian sudah siap digunakan saat dibutuhkan. Kira-kira kapankah mesin ini siap digunakan untuk membantu?

  • Handphone dengan Hologram

Tidak hanya menyediakan handphone fleksible, akan dimunculkan pula handphone hologram. Keberadaan ini akan membantu anda melihat visual suatu obyek secara 3D tanpa harus berada didekatnya. Teknologi ini pernah digunakan oleh penonton untuk berinteraksi dengan survivor holocaust. Jika penasaran dengan percobaan ini, cobalah mencarinya di mesin pencari.

  • Autonomous Car: Mobil tanpa Driver

Untuk yang satu ini, pastinya sudah sering ditemukan di luar negeri. Di mana, mobil dapat dikendarai tanpa membutuhkan supir. Sistem kerjanya mudah, yaitu kamera sensor khusus yang mendeteksi setiap gerakan lingkungan sekitar. Tentunya keberadaan mobil ini, akan membantu anda yang tetap sibuk walaupun sedang berada dalam perjalanan. Tertarik memilikinya?

  • Teknologi Canggih Masa Depan: Kereta Hyperloop

Berikutnya merupakan kereta yang diperuntukkan untuk kota-kota besar. Kereta ini dapat mengangkut penumpang dengan jumlah besar, dengan kecepatan tinggi. Kecepatan kereta ini adalah 1.700km/jam. Jadi, anda akan segera sampai di tempat tujuan tanpa harus merasakan macet atau kepanasan. Sepertinya, kereta ini cocok dihadirkan di Indonesia, khususnya Jakarta.

  • Telepon Satelit

Terakhir, dalam beberapa saat lagi, anda tidak perlu memperhatikan sinyal pada handphone. Karena akan muncul telepon satelit yang dapat digunakan dalam keadaan apapun. Telepon ini memanfaatkan satelit, sehingga walaupun di daerah terpencil aktivitas komunikasi tetap dapat dilakukan. Tertarik memilikinya? Tunggu beberapa saat lagi hingga produk beredar di pasaran.

Jadi, sudahkah anda bersiap untuk menerima semua kemudahan ini? 

Jika belum, segera persiapkan mental dan tetap berpikir positif akan semua teknologi yang muncul. Karena teknologi canggih masa depan, dimunculkan untuk membantu manusia, bukan untuk merusak tatanan kehidupan manusia. Jadi, semuanya tergantung pada bagaimana manusia tersebut memanfaatkan teknologi terbaru yang ada.

1 Comment

  1. Sera

    Nice post… memang benar jika tekonologi-teknologi yang ditulis diatas kemungkinan besar akan terwujud namun jika rekayasa genetika pada manusia menurut saya itu kemungkinan besar tidak dapat diwujudkan karena pastinya akan ada penolakan dari banyak pihak terutama dari pihak hak azasi manusia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *