Just another Telkom University Student Blog site

7 Tips Cari Apartemen Murah di Jakarta

Mencari unit apartemen di Jakarta dengan fasilitas lengkap dan harga terjangkau memang tidak mudah. Biasanya apartemen di Jakarta mematok harga sewa apartemen yang tinggi, karena keunggulan fasilitas, tempat yang nyaman atau lokasinya yang strategis.

Akan tetapi jangan khawatir, jika Anda memiliki budget terbatas, Anda tetap bisa menghuni unit apartemen berkualitas dengan harga sewa apartemen di Jakarta murah dan juga affordable. Berikut adalah beberapa tips cari apartemen di Jakarta yang bisa Anda coba.

1. Cari Apartemen yang Jauh dari Transportasi Publik

Jika transportasi publik bukan perhatian utama Anda dalam mencari hunian, maka memilih apartemen yang jauh dari fasilitas transportasi publik patut Anda pertimbangkan. Harga sewa apartemen-apartemen yang berada dekat dengan transportasi publik biasanya akan lebih mahal dibanding apartemen-apartemen yang lokasinya berada jauh dari fasilitas ini.

Tentu ini akan menguntungkan bagi Anda yang bekerja secara remote, mengendarai mobil untuk bekerja atau pemilik bisnis yang lokasinya dekat dengan apartemen.

2. Pilih Unit yang Berada di Tengah Tower

Lokasi unit pada tower juga berpengaruh terhadap harga sewa apartemennya. Biasanya, unit yang berada di lantai tower paling bawah atau paling atas akan memiliki harga lebih mahal dibanding unit yang berada di tengah. Ini disebabkan karena orang-orang senang tinggal di unit yang menyediakan pemandangan bagus dan mereka juga ingin akses mudah keluar masuk apartemen.

3. Cobalah untuk Tinggal di Apartemen yang Baru Selesai Dibangun

Jangan berpikir kalau apartemen baru akan mematok harga yang tinggi kepada para penghuninya. Yang terjadi justru sebaliknya. Banyak potongan harga bahkan harga sewa gratis pada sebulan pertama masa peluncuran bagi para calon penghuni yang berminat. Pihak apartemen juga ingin melihat prospek mereka ke depan. Akibatnya, apartemen disewakan dengan harga terjangkau.

4. Ajak Rekan Anda Menjadi Teman Sekamar

Mengajak teman untuk tinggal bersama merupakan cara yang paling ampuh untuk mengurangi biaya sewa apartemen. Anda bisa mengajak rekan Anda untuk menjadi teman sekamar dan kemudian membagi biaya sewanya.

Misalnya saja apartemen Kuningan City yang terletak di Setiabudi, Karet, Jakarta Selatan menyediakan unit 1BR seharga Rp 12.000.000 per bulan, 2BR seharga Rp 12.500.000 per bulan dan 3BR seharga Rp 27.300.000 per bulan.

Jika Anda menyewa unit 1BR di apartemen tersebut, biaya sewa yang Anda keluarkan adalah Rp 12.000.000. Akan tetapi jika Anda mengajak teman Anda untuk tinggal di unit 2BR, biaya yang perlu Anda keluarkan hanya Rp 6.250.000 per bulan untuk setiap orang (Rp 12.500.000/2). Begitu pun jika Anda menyewa unit 3BR dan mengajak 2 orang teman, biayanya cukup Rp 9.100.000 per orang.

5. Tentukan Momen yang Tepat

Ada momen-momen tertentu yang perlu Anda hindari jika ingin mendapatkan unit apartemen dengan harga sewa termurah. Misalnya ketika tahun ajaran baru tiba, apartemen-apartemen yang berlokasi dekat universitas biasanya akan menaikan harga sewanya. Inilah yang perlu Anda hindari.

6. Mempertimbangkan Fasilitas di Dalam Unit

Unit apartemen yang punya fasilitas mewah biasanya akan memiliki harga sewa yang mahal. Jika Anda tidak terlalu membutuhkan fasilitas yang mewah, Anda bisa memilih unit dengan fasilitas biasa saja untuk mengurangi biaya.

7. Memilih Unit yang Unfurnished

Jika Anda menjelajahi platform-platform sewa apartemen online seperti Jendela360.com, Anda akan menemukan bahwa unit apartemen yang unfurnished memiliki harga sewa yang jauh lebih murah dibanding unit apartemen yang full-furnished.

Contohnya saja unit 2BR full-furnished di apartemen Puri Park View disewakan dengan harga Rp 3.800.000 per bulan, sedangkan unit 2BR unfurnished disewakan dengan harga Rp 2.250.000 per bulan.

Jika Anda tertarik untuk mendiami unit yang unfurnished, Anda memiliki keuntungan yaitu dapat mengisi furniturnya sendiri. Tentunya dengan furnitur-furnitur berkualitas baik dan harga terjangkau.

1 Comment

  1. Alan

    Nice tips… thanks for sharing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *