Sebagai ibukota negara sekaligus pusat perekonomian, DKI Jakarta menjadi kota tujuan ekspatriat dari daerah luar Jakarta, maupun luar negeri. Dilansir dari kontan.co.id, sepanjang 2018 di Jakarta total persediaan apartemen mencapai 201.817 unit, mengalami pertumbuhan sebanyak 9,5%.

            Persediaan apartemen sebanyak itu di Jakarta, sementara kisaran harga sewa apartemen di antara tiga sampai empat juta perbulannya. Kelebihan tinggal di apartemen yang menjadikannya pilihan utama bagi sebagian orang, misalnya fasilitasnya yang memadai, keamanan yang maksimal, harga yang relative murah disbanding rumah, lokasi yang berdekatan dengan tempat kerja atau kampus, hingga tidak perlu khawatir direcoki tetangga. Walau begitu, di mana ada kelebihan, di situ juga ada kekurangan, tinggal di apartemen membuat Anda tidak punya lahan sendiri, cukup jarang berinteraksi social dengan tetangga, harus membayar biaya perawatan, hingga akses yang sulit jika tinggal di lantai atas.

Lalu bagaimana cara mendapatkan apartemen di Jakarta yang cocok untuk disewa? Anda perlu simak ulasan di bawah ini!

  • Pilih lokasi apartemen

Pepatah “Lokasi menentukan prestasi” tidak dapat diterapkan dalam mencari apartemen. Pertama, sesuaikan dengan kebutuhan dan aksesibiltas Anda. Apakah dekat dengan kantor, atau tempat hiburan favorit.  Namun, perlu diperhatikan, apartemen yang berlokasi di pusat kota, memiliki nilai tawar yang tinggi karena kemudahan akses yang dimilikinya, seperti sewa apartemen Taman Anggrek Residence misalnya

                Walau begitu, apartemen yang berlokasi di pinggir kota dan tidak terlalu strategis memang lebih terjangkau, namun Anda perlu menghitung cost untuk transportasi sehari-hari. Bila biaya sewa apartemen di lokasi yang tidak strategis ditambah biaya transportasi lebih mahal dibanding sewa apartemen di pusat kota, Anda tahu mana yang lebih baik.

  • Full furnished atau unfurnished

Ini juga penting, apakah Anda menginginkan hunian apartemen sekaligus perabotan di dalamnya atau tidak. Perlu diingat bahwa apartemen full furnished ditawarkan lebih mahal dibanding unfurnished, namun Anda tidak perlu repot lagi membeli perabotan sendiri. Anda dapat mempertimbangkan hal tersebut dengan menghitung budget yang tersedia.

  • Gunakan website Jendela360 untuk memudahkan Anda mencari apartemen impian

Jendela360 sebagai website nomor satu spesialis sewa dan beli apartemen, memudahkan Anda mencari apartemen sesuai budget. Tersedia lebih dari 8000 unit apartemen yang dapat Anda jadikan pilihan. Selain itu, informasi terkait unit sudah diverifikasi sehingga Anda tidak perlu khawatir ada perbedaan antara informasi website dan keadaan sebenarnya.

                Butuh melihat interior dengan lebih jelas? Jendela360 memiliki fitur 360 Virtual Tour, Anda dapat melihat hunian idaman dengan sudut  360 derajat, seakan-akan Anda berada di sana. Bila sudah menemukan yang pas, Anda dapat menggunakan fasilitas offline visitation dengan ditemani Jendela360. Mengenai pembayaran, Jendela360 memberikan kemudahan dengan cicilan perbulan 0% dengan maupun tanpa kartu kredit.

  • Membuat kesepakatan dengan pemilik apartemen

Sudah cocok dengan lokasi, interior, dan fasilitas apartemen? Selanjutnya Anda dapat membuat kesepakatan dengan pemilik mengenai peraturan dan konsekuensi, serta biaya di luar biaya penyewaan, seperti biaya maintenance, biaya konsumsi air dan listrik, biaya parkir, dan lain-lain. Perjanjian ini hendaklah menguntungkan dan memudahkan kedua pihak.

                Dokumen diri Anda juga dibutuhkan pada tahap ini, Anda dapat menyiapkan KTP, KK, dan slip gaji. Pemilik apartemen memintanya sebagai jaminan penyewa apartemennya.

  • Moved in

Anda tinggal menjadwalkan pindahan dan menempati apartemennya. Anda juga dapat melengkapi apartemen dengan furnitur dan perabotan multifungsi sesuai selera.

Bagaimana? Apakah Anda sudah menentukan pilihan? Menyewa apartemen tidak lagi sulit, terutama dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, seperti yang difasilitasi Jendela360.