SEO merupakan salah satu teknik optimasi yang paling banyak digunakan saat ini. Terutama bagi para content creator blog atau situs website bisnis. Sebenarnya apa itu SEO? Mungkin beberapa dari kalian yang masih awam dalam dunia internet marketing bertanya-tanya tentang SEO. Namun, saya yakin bagi para pemain internet marketing sudah pasti tahu dan paham apa itu SEO dan pentingnya SEO untuk suatu blog atau website.

Oke, deh agar tidak penasaran dan terus bertanya-tanya tentang SEO. Di artikel kali ini saya akan membahas tentang pengertian SEO dan juga sekaligus manfaat atau keuntungannya untuk bisnis. Jadi, pastikan kalian simak baik-baik ya!

Pengertian SEO

Oke, pertama saya akan membahas tentang pengertian dan apa itu SEO? Jadi, SEO adalah singkatkan dari Search Engine Optimation. Sesuai dengan namanya SEO merupakan teknik optimasi halaman blog atau website di mesin pencari. Tujuan dilakukannya SEO adalah agar website atau blog bisa menduduki peringkat #1 mesin pencari google.

Tidak hanya google saja sih, kalian juga bisa melakukan SEO untuk menduduki peringkat pertama mesin pencari lainnya. Hanya saja kebanyakan orang menargetkan halaman blog atau websitenya bisa berada di halaman #1 mesin pencari google. Karena memang Google adalah mesin pencari yang banyak digunakan saat ini.

Manfaat SEO untuk Bisnis atau yang Lainnya

Oke, sekarang sudah paham kan tentang pengertian SEO. Lanjut, saya akan membahas tentang manfaat SEO untuk bisnis dan juga untuk yang lainnya. Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Menjadikan Halaman Website/Blog di Posisi #1 Mesin Pencari

Tujuan utama serta manfaat menerapkan teknik SEO pada suatu website atau blog yang paling utama dilakukan karena ingin menjadikan halaman website atau blog yang dibidik tersebut berada di halaman #1 mesin pencari seperti Google.

Ya, setelaha menduduki halaman #1 mesin pencari google tentu akan ada manfaat-manfaat lainnya yang juga mengikuti. Jadi, mari kita lanjut ke manfaat kedua.

Menaikkan Trafic Website atau Blog

Tak bisa dipungkiri bahwa dengan berada di posisi halaman #1 mesin pencari. Tentu saja secara otomatis website atau blog kalian akan banyak dikunjungi oleh visitor yang ingin lebih tahu tentang keyword yang mereka cari.

Ya, bayangkan saja dan posisikan diri kalian sebagai pengguna internet yang ingin mencari sesuatu di mesin pencari google misalnya. Kalian akan memasukkan keyword hal yang kalian cari, setelah itu akan muncul beberapa website yang menjelaskan tentang keyword yang kalian cari tersebut.

Secara otomatis pasti kalian akan memilih website atau blog yang berada di halaman #1 google kan. Rasanya kalian tidak akan memiliki waktu untuk scroll ke bawah dan mencari sumber website lainnya. Kecuali, kalian masih belum menemukan jawabannya di website yang pertama.

Nah, dengan begitulah traffic atau visitor website kalian akan banyak dikunjungi oleh para pengguna mesin pencari di internet.

Branding Bisnis Lebih Terkenal

Dampaknya jika sudah berada di halaman #1 mesin pencari dan juga sudah memiliki traffic yang meningkat setiap harinya. Tentu saja, brand perusahaan atau bisnis yang Anda lakukan dan dibuat dalam bentuk website tersebut akan lebih terkenal juga.

Penjualan akan Meningkat

Manfaat yang terkahir adalah jika website bisnis atau perusahaan sudah memiliki banyak visitor dan terkenal. Maka nantinya kalian bisa mendapatkan penjualan yang lebih banyak dan lebih meningkat lagi.

Itulah mengapa SEO sangat penting untuk suatu bisnis karena di jaman yang serba digital seperti pada saat ini SEO memiliki peranan yang sangat penting. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.