Just another Telkom University Student Blog site

Cara Penulisan Gelar Diploma yang Sesuai dengan EYD

Menulis gelar adalah hal penting yang perlu diketahui. Karena jika salah dalam penulisannya bisa-bisa gelar yang Anda atau orang lain tulis menjadi tidak sah. Terlebih penulisan gelar adalah hal yang fatal karena menunjukan pendidikan akademik seseorang. Berikut ini cara penulisan gelar yang baik dan benar sesuai dengan EYD.

1. Sesuai dengan EYD

Saat menuliskan gelar akademik seharusnya sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Termasuk ketika menulis penulisan singkatan, penggunaan tanda titik (.) dan penggunaan tanda (,) pada gelar.

Pada setiap gelar yang ditulis menggunakan tanda titik (.) yang disematkan di antara huruf pada singkatan gelar. Kemudian gelar harus ditulis di belakang nama orang tersebut. Lalu di antara nama orang dan gelar harus ditambah tanda koma (,).

Namun, apabila orang tersebut memiliki gelar lebih dari satu, maka ditulis di bagian belakang lalu antara gelar satu dan lainnya disematkan tanda koma (,).

2. Panduan Menulis Gelar

Penulisan gelar yang baik dan benar sebagai berikut; pertama, gelar ditulis dengan titik yang diletakan di antara singkatan gelar yang ingin Anda tulis. Kedua, gelar ditulis pada bagian belakang nama.

Ketiga, antara nama dan gelar harus disempatkan tanda koma (,) sebagai pemisah. Keempat, apabila pada bagian belakang nama Anda memiliki satu gelar atau lebih maka penulisan di antara gelar menggunakan pemisah tanda koma (,). Misalnya, Pelangi Rembulan, S.Ag, S.E.

3. Cara Menulis Gelar Diploma

Setiap tingkatan pendidikan memiliki nama gelarnya masing-masing yang disesuaikan dengan bidang ilmu atau keahlian seseorang. Pada penulisan gelar Diploma Satu (D1) menggunakan Ahli Pratama (A.P), lalu pada penulisan gelar Diploma Dua (D2) ialah Ahli Muda (A.M), kemudian Diploma Tiga (D3) menjadi Ahli Madya (A.Md).

Pada Diploma 3 Biasanya memiliki beberapa jurusan atau keahlian bidang ilmu. Beberapa di antaranya ialah Ahli Madya Pendidikan (A.Md.PD.), Ahli Madya Keperawatan (A.Md.Per.), Ahli Madya Kesehatan (A.Md.Kes.)

Berikut contoh cara penulisan gelar untuk Diploma Tiga (D3), Pelangi Rembulan, A.P.Par  ini berarti pemilik gelar adalah lulusan D3 Ahli Pertama Pariwisata. Pelangi Rembulan, A.P.Kom yang berarti ia adalah lulusan D3 Ahli Pertama Komputer.

1 Comment

  1. Sera

    Terima kasih atas penjelasannya… sangat bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *