Karena pencurian sederhana atau kejahatan web darknet yang direncanakan dengan cermat, pendekatan yang sama harus dilakukan ketika mencoba menyelesaikan kasus ini. Tempat untuk memulai adalah dengan penelitian.

Dalam panduan sederhana yang rangkum oleh Crypto Media Indonesia di bawah ini, Anda akan belajar bagaimana menginvestigasi kejahatan crypto dengan menerapkan analisis blockchain dan menggunakan intelijen open source.

Buat Timeline

Investigasi kejahatan kripto dimulai dengan mengumpulkan dan mengatur informasi sumber. Penelitian utama ini harus difokuskan pada menjawab pertanyaan (W) sebanyak mungkin: siapa, apa, di mana, kapan dan mengapa. Sebagai aturan, subjek, lokasi dan motivasi (salah satunya biasanya hilang) harus dieksplorasi, dikembangkan dan diverifikasi dengan harapan menciptakan hipotesis yang masuk akal.

Dalam hal struktur, cara yang disukai penegak hukum untuk mengatur informasi input adalah dengan membuat garis waktu dengan urutan kejadian. Setiap titik dalam skema mewakili tindakan terpisah dan membutuhkan bukti pendukung, yang dapat ditambahkan kemudian.

Menganalisis Wallet & Transaksi

Analisis transaksi adalah bagian sentral dari setiap penyelidikan crypto, karena Anda tidak hanya dapat mengikuti uang, tetapi juga menentukan asal dan alat apa yang digunakan ketika melakukan kejahatan keuangan khusus ini. Pemeriksaan mendalam tentang alamat blockchain sangat diperlukan ketika harus mencari akun yang dimiliki oleh pemilik yang sama (juga dikenal sebagai pengelompokan). Penemuan membutuhkan melihat lebih dekat pada “kebetulan” terkoordinasi seperti yang terjadi dengan waktu, volume, tujuan, atau keteraturan transaksi.

Dalam kasus blockchain open-ledger, investigasi alamat adalah permainan anak-anak. Untuk menganalisis transaksi Bitcoin atau Ethereum, Anda dapat menggunakan penjelajah wallet atau alat analisis blockchain akses terbuka seperti ORS CryptoHound. Dengan bantuan yang pertama, Anda dapat mempelajari saldo, nilai wallet, dan riwayat transaksi yang terperinci. Dengan menggunakan yang terakhir, Anda dapat menggali lebih dalam ke alamat terkait dan mengungkapkan pola atau interaksi yang mencurigakan.

Setelah Anda mengidentifikasi orang di balik kejahatan dan menambahkan bukti dari analisis blockchain dan investigasi terbuka, Anda dapat meringkas temuan dalam laporan investigasi formal. Dokumen yang telah diisi kemudian dapat digunakan untuk secara langsung menghubungi pihak yang bertanggung jawab dalam upaya untuk mendapatkan kembali dana, atau disajikan kepada otoritas penegak hukum, dengan harapan melanjutkan dengan prosedur litigasi.