Just another Telkom University Student Blog site

Cara Memperbaiki Pipa Air yang Bocor, Anda Wajib Tahu

Tiba tiba tagihan air Anda mengalami kenaikan yang signifikan dan membuat pengeluaran semakin banyak? Jika iya maka Anda harus segera melakukan tindakan untuk mencegah hal ini terus terjadi. Selain itu kebocoran pipa juga bisa menyebabkan dinding basah dan membuat rumah berantakan.

Saya rasa tidak masalah jika harga pipa yang Anda beli cukup mahal yang penting berkualitas. Daripada nantinya Anda mengalami banyak kerugian karena pipa bocor. Misalnya saat dinding mengalami kelembaban yang berlebihan, maka dirumah Anda bisa tumbuh jamur atau lumut yang dapat membuat keindahan rumah menjadi terganggu. Tumbuhnya jamur di rumah juga dapat membuat kesehatan keluarga menjadi terganggu.

Jika Anda ingin hidup bersih di rumah yang indah tanpa jamur, carilah langkah untuk mengetahui cara menghadapi kebocoran ini. Berikut ini ialah langkah dan cara tepat untuk memperbaiki pipa air yang bocor.

Alat dan Bahan untuk Perbaiki Pipa Air

  • Pipa PVC Baru
  • Lem PVC
  • Gergaji
  • Seal Tape
  • Palu / bor

Cara Memperbaiki Pipa Air yang Bocor

Nah, kalau alat dan bahan sudah dipersiapkan. Berikut ini cara memperbaiki pipa air bocor yang bisa Anda lakukan.

Lakukan Identifikasi Kebocoran

Anda harus mengetahui posisi pasti dimana sumber kebocoran pipa terjadi untuk dapat mengatasi masalah ini dengan lebih mudah. Pada umumnya, pipa air ini ditanam di lantai, dinding maupun pinggiran rumah.

Salah satu tanda yang bisa menunjukkan sumber kebocoran pada pipa diantaranya ialah dengan menggunakan peluruh nat. Jika Anda menuangkan peluruh nat pada lantai keramik dan muncul air dari nat keramik saat pompa dinyalakan, maka bisa dipastikan bahwa area ini mengalami kebocoran pipa.

Bongkar Dinding / Lantai

Jika telah menemukan sumber kebocoran yang ada pada pipa di rumah Anda maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan ialah dengan membongkar dinding / lantai. Anda bisa menggunakan palu atau bor untuk membongkar bagian dinding dan lantai. Pastikan Anda menggunakan alat ini secara hati hati untuk mencegah kerusakan bangunan dan lantai terjadi.

Perhatikan Kondisi Pipa yang Bocor

Sebelum melakukan perbaikan pipa perhatikan kondisi pipa secara seksama, apakah Anda memang perlu mengganti pipa atau perlu menambalnya saja. Jika memang sumber kebocoran pipa terjadi karena sambungan, maka Anda memang perlu mengganti pipa dengan yang baru. Gunakan seal tape untuk melapisi sambungan demi mencegah agar kebocoran pipa tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Jika kerusakan pipa cukup parah maka Anda perlu memotong dan menyambungnya kembali. Namun jika kerusakan kecil dan tidak cukup parah, maka Anda bisa menambal pipa yang bocor tersebut.  Potong pipa baru dengan membentuk huruf U dan pastikan ukurannya cukup besar untuk menutup kebocoran.

Gunakan lem PVC pada kedua bagian dan tempelkan pada bagian pipa yang bocor, tahan beberapa lama sampai lem benar benar mengering.

Pastikan Pipa Tidak Bocor

Untuk mengetahui pipa tidak bocor maka nyalakan lagi pompa air dan periksa apakah masih ada rembesan atau tidak. Jika semua kondisi sudah baik dan tidak ada bocoran maka Anda bisa kembali menutup dinding atau keramik yang sudah dibongkar.

Itulah langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki pipa bocor, silahkan mencoba.

1 Comment

  1. Sera

    Mantap tips nya… terima kasih banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *