Just another Telkom University Student Blog site

Jurusan Sistem Informasi, seperti Apa Prospek Kerjanya?

Jurusan Sistem Informasi atau Teknik Informatika belakangan ini semakin diminati. Sebenarnya jurusan ini merupakan penggabungan ilmu komputer dan bisnis serta manajemen. Kemampuan rekayasa dengan komputer, problem solving, berpikir sistematis, analisis, penelitian, manajerial data, menjadi kemampuan yang harus dan akan kamu miliki jika mengambil jurusan ini.

Sumber: Kevin Phillips dari Pixabay

Kabar baiknya, lulusan Jurusan Sistem Informasi memiliki prospek pekerjaan yang sangat cerah. Apa saja profesi itu?

Computer Engineering

Profesi ini sering disebut juga sebagai teknik komputer. Tentunya, profesi yang akan ditekuni nantinya berhubungan dengan komputer. Baik membangun jaringan, mengembangkan teknik – teknik membuat komputer, mobile, dan lainnya.

Selain itu, seorang computer engineering juga bertugas untuk menganalisa, menemukan, serta memecahkan masalah pada sistem komputer. Dimana fokus pekerjaan pada profesi ini adalah pada perangkat keras dan lunak komputer.

Dana Analyst

Profesi data analyst juga seringkali disebut sebagai business data analyst. Jangan terkecoh dengan kata “business”, yang bukan berarti untuk lulusan ekonomi. Ingat jika Jurusan Sistem Informasi belajar mengenai ilmu komputer dan manajemen bisnis.

Profesi sebagai business data analyst mengharuskan kamu untuk mampu mengumpulkan data dan melakukan pengklasifikasian terhadap data tersebut. Setelah itu, mengolah data menjadi informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

UI / UX Developer

Profesi UI dan UX Developer ini kini semakin banyak dicari, baik oleh perusahaan maupun start up. UI (User Interface) adalah profesi yang mirip dengan web designer. UI developer harus dapat mendesain tampilan aplikasi baik dekstop, web, atau mobile.

Sementara UX Developer adalah profesi yang bertanggung jawab pada pengalaman pengguna saat mengakses suatu sistem. Profesi ini akan bekerja secara detail terhadap layout dari sebuah aplikasi dan sistem kerja aplikasi. Apakah rumit atau mudah digunakan.

Game Developer

Bermain game memang sangat mengasyikkan dan tidak pernah membosankan. Jika kamu suka bermain game, apa salahnya untuk mencoba menjadi game developer. Lulusan Jurusan Sistem Informasi memiliki peluang besar untuk menjadi seorang game developer.

Menciptakan game bukanlah hal yang mudah dan remeh tentunya. Bahkan, dikatakan bahwa industri game akan semakin baik ke depannya. Karena setiap orang tentu membutuhkan hiburan, salah satunya berupa game.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak perusahaan dan start up yang memproduksi game. Kamu mau menjadi bagian dari perusahaan tersebut atau membangun bisnis game milikmu sendiri?

Network Security

Network security atau keamanan jaringan adalah profesi yang kini banyak dibutuhkan, utamanya bagi lulusan Jurusan Sistem Informasi. Karena banyak implementasi teknologi komputer dan jaringan pada perusahaan untuk menunjang suatu bisnis.

Mulai dari skala kecil hingga skala besar jaringan komputer. Yang mana akan selalu membutuhkan pengaturan dari hardware maupun software.

Untuk bisa terjun ke profesi keamanan jaringan, kamu harus mampu menguasai teori dan praktek mengenai teknik komputer. Memahami berbagai macam perangkat jaringan dan cara – cara konfigurasinya. Ditambah lagi, fungsi routing dan cara penggunaannya, serta kamu harus mempelajari mengenai keamanan jaringan komputer.

Itulah profesi – profesi yang menanti lulusan Jurusan Sistem Informasi. Prospeknya masih sangat besar hingga masa depan, loh!

1 Comment

  1. Sera

    postingan yang sangat bagus… terima kasih atas informasinya yang bisa menjadi referensi bagi para lulusan jurusan sistem informasi untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.