Saat sedang berselancar di internet, Anda pasti pernah menemui beberapa situs yang tidak bisa diakses. Untuk bisa mengaksesnya lagi, Anda bisa menggunakan berbagai cara, salah satunya mengganti DNS. DNS untuk situs yang diblokir bisa diganti dengan beberapa DNS alternatif. DNS (Domain Name Server) adalah sebuah sistem yang menerjemahkan alamat dari host, misalnya google.com, menjadi IP. Dengan mengganti DNS yang sudah diblokir dengan DNS alternatif, Anda bisa kembali terhubung ke situs web yang sudah diblokir. Selain itu, mengganti DNS ini juga bisa meningkatkan kecepatan pada koneksi internet Anda.

Tambahan sedikit tips dari yg sudah ada

Ada beberapa cara mengganti DNS untuk situs yang diblokir. Cara pertama adalah melalui explorer yang hanya bisa dilakukan pada sistem operasi windows saja. Cara ini adalah dengan mengubah DNS yang diblokir menjadi DNS publik. Dengan begitu Anda bisa kembali mengaksesnya. Caranya yang pertama adalah membuka windows explore. Anda bisa membukanya dengan klik simbol windows pada keyboard Anda. Setelah itu klik control panel, lalu kemudian klik network connection. Pada menu ini pilih local area connection, lalu klik properties kemudian Internet Protocol, klik lagi properties. Lalu ubah DNS address nya menjadi 8.8.8.8 – 8.8.4.4. Ini adalah DNS yang umumnya dipakai karena menggunakan server google.

 

Ketika Anda mengalami kesulitan saat mengakses sebuah situs website, bisa jadi hal itu dikarenakan situs web yang diblokir. Untuk bisa membukanya, ada beberapa cara. Salah satunya adalah dengan mengganti DNS nya. Ada beberapa server DNS gratis yang bisa Anda jadikan alternatif. Misalnya untuk situs google, DNS nya adalah 8.8.8.8 – 8.8.4.4 ada juga Dnsadvantage dengan kode 156.154.70.1 – 156.154.71.1. DNS selanjutnya yang bisa Anda jadikan alternatif adalah OpenDNS dengan kode 208.67.222.222 – 208.67.220.220 dan yang terakhir adalah Scrubit dengan kode 67.138.54.100 – 207.225.209.66. Dengan mengubah kode DNS yang terblokir menjadi kode-kode DNS di atas, Anda bisa mengatasi masalah situs yang tidak bisa diakses. Selain itu mengganti DNS untuk situs yang diblokir juga bisa mempercepat koneksi internet Anda.