Just another Telkom University Student Blog site

Inilah Cara Mendapatkan Hasil Renovasi Rumah yang Memuaskan

Renovasi rumah merupakan kebutuhan mendesak yang secara berkala memang harus dilakukan. Bagi pasangan yang masih baru menikah tentu membangun rumah dilakukan secara bertahan sehingga memerlukan renovasi di beberapa tahun kemudian. Bagi pasangan yang sudah lama menikah pun tetap membutuhkan renovasi karena kebutuhan. Baik kebutuhan kamar anak yang semakin bertambah banyak atau kebutuhan karena rumah sudah mulai mengalami kerusakan.

    1. Carilah Titik Renovasi

Jika Anda akan melakukan renovasi dengan batasan budget tertentu, maka tentukan titik-titik yang mengalami kerusakan. Misalnya saja seperti genteng yang sudah mengalami kebocoran sehingga air hujan mampu menerobos ke dalam rumah. Jangan semua direnovasi dan hanya menuruti keinginan saja. Kalau bisa juga konsultasikan dengan kolega Anda yang memahami ketahanan bangunan di setiap rumah Anda.

      1. Siapkan Persediaan Biaya

Setelah semua titik-titik kerusakan bagi renovasi rumah sudah didata secara lengkap, maka tentukan persediaan biaya yang akan Anda gunakan. Persiapkan biaya jauh-jauh hari sehingga tidak mengalami mangkraknya pembangunan. Baik itu dengan cara menabung atau pun mengajukan pinjaman dengan sistem potong gaji. Tapi hitunglah secara rinci agar biayanya tidak terbengkalai dan justru mengambil jatah kebutuhan sehari-hari.

      1. Lakukan Survai

Lakukan survai toko bangunan yang akan Anda jadikan langganan secara rutin ketika pengerjaan renovasi dilakukan. Jangan langsung percaya pada satu toko yang Anda datangi, tapi juga dibandingkan dengan berbagai harga di toko lain. Semua ini dilakukan agar Anda mendapatkan material yang murah tapi berkualitas. Jangan terkecoh dengan rayuan penjual material karena banyak sekali para penjual yang pintar menawarkan tapi ternyata bahannya tidak bagus. Bahkan harganya termasuk mahal jika dibandingkan dengan tempat jual material yang lain.

      1. Utamakan Keselamatan

Meskipun renovasi rumah selalu menginginkan harga yang paling murah dari segi material dan jasa renovasi. Tapi tetap utamakan keselamatan anggota keluarga Anda. Jangan sampai memilih bahan dan material yang murah tapi kualitasnya buruk dan mudah roboh. Material yang harus diperhatikan keselamatannya ialah seperti atap, fondasi, pipa, dan rangka. Pastikan standar kualitasnya baik dan tidak mudah roboh. Bayangkan jika Anda memilih genteng yang murah dan roboh, tentu justru akan menambah biaya di kemudian hari.

    1. Jasa Kontraktor Rumah yang Bisa Dipercaya

Jika renovasi yang Anda lakukan tergolong besar, maka pilihlah jasa renovasi atau kontraktor yang bisa dipercaya. Pilihlah jasa renovasi yang sudah ada kredibilitasnya di kota Anda. Misalnya rumah Anda di Yogyakarta maka carilah jasa renovasi rumah Jogja yang kredibel. Renovasi rumah bisa Anda persiapkan dengan mulai menambah kenalan dan kolega untuk mencari jasa renovasi yang terbaik.

1 Comment

  1. Sera

    Terima kasih atas ilmunya… sangat bermanfaat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *