Just another Telkom University Student Blog site

Membuat Makalah Sistem Informasi Akuntansi

Bagi mahasiswa akuntansi, membuat sebuah makalah mengenai sistem informasi akuntansi merupakan salah satu tugas yang tidak dapat dihindari. Ada banyak contoh makalah sistem informasi akuntansi yang bisa dilihat di internet, namun sayangnya tidak semua makalah yang ada di sana merupakan makalah yang berkualitas sehingga kurang layak untuk dijadikan sebagai contoh. Sehingga, akan lebih mudah untuk membuat makalah ini lewat pemikiran sendiri namun tetap menggunakan contoh yang ada di internet sebagai kerangka dalam pembuatan makalahnya. Hal ini mungkin masih terdengar membingungkan, dan akan lebih mudah untuk diperjelas dengan membaca sedikit ulasan di bawah ini.

Menjadikan contoh makalah sistem informasi akuntansi di internet sebagai kerangka pembantu dalam pembuatan makalah sendiri bukan merupakan kegiatan yang sulit. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan mengunduh contoh makalah dalam jumlah yang banyak sekaligus, sehingga jangan hanya melihat satu contoh atau satu sumber saja. Dalam memilih makalah ini pun, sebaiknya pilih makalah yang berasal dari universitas ternama. Jika sudah mengunduh beberapa makalah sekaligus, selanjutnya adalah mengamati dan membaca dengan singkat isi yang ada di dalam masing-masing makalah tersebut. Bila sudah mengetahui urutan pembuatan makalah, maka tidak perlu lagi memperhatikan urutannya karena sudah bisa membuatnya sendiri. Bila belum mengerti, maka bisa membaca makalah sekaligus memperhatikan urutan yang ada di dalam makalah tersebut. Dalam membaca makalah, perhatikan latar belakang yang ada di dalam masing-masing makalah. Cari perbedaan dan persamaannya, dan temukan poin inti yang ada di dalam masing-masing latar belakang tersebut. Bila sudah mendapat poin inti dan poin tersebut sudah dirasa ideal untuk makalah mengenai sistem informasi akuntansi, maka tuliskan poin tersebut ke selembar kertas yang akan dijadikan sebagai kerangka pembuatan makalah. Sama seperti latar belakang, dalam pembuatan rumusan masalah, tujuan, dan manfaat pun gunakan cara yang sama. Berikutnya adalah landasan teori. Perhatikan tiap landasan teori yang ada di dalam masing-masing makalah, dan tentukan mana makalah yang memiliki landasan lengkap dan mana yang sebaliknya . setelah itu, cari persamaan teori yang ada di dalam masing-masing masalah dan simpan teori tersebut sebagai salah satu teori yang akan dicantumkan pada makalah yang akan dibuat, bila memang teori tersebut merupakan teoriĀ  yang tepat. Jika sudah mendapatkan teori yang sesuai, maka buat landasan teori yang ideal menurut masing-masing penulis. Bila perlu, pergunakan teori yang lebih lengkap daripada teori yang digunakan di masing-masing contoh tersebut.

Teori yang lebih lengkap tidak selalu merupakan landasan teori yang lebih banyak jumlahnya daripada landasan teori pada umumnya, tetapi merupakan teori yang relevan dengan apa yang akan dibahas dan memiiki kredibilitas yang tinggi. Sehigga, jangan lupa untuk memastikan daftar pustaka yang akan dibuat nantinya sudah terususun atas semua teori yang digunakan, sehingga tidak ada satu teori pun yang terlupa untuk dicantumkan ke daftar pustaka. Demikian pula untuk pembahasan maupun bab penutup, terapkan cara menganalisis dari contoh makalah sistem informasi akuntansi yang didapatkan. Bab Penutup terdiri dari kesimpulan dan saran. Sudah banyak contoh saran dalam makalah yang bisa kita lihat. Sehingga, semakin banyak contoh tentu akan semakin banyak pula referensi yang bisa didapat, dan akan membuat makalah menjadi semakin berkualitas jika dibuat berdasarkan pemahaman sungguh-sungguh dari beberapa contoh yang ada. Itulah sedikit tips yang bisa dilakukan dalam membuat makalah yang sesuai, dan semoga bermanfaat.

1 Comment

  1. akbar

    teori yang relevan bagaimana untuk membuat Makalah Sistem Informasi Akuntansi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *